SUMBANGSIH KITA UNTUK BUMI

Green logo websiteTak kah kita merasakan bahwa bumi kita ini kian hari kian tercemar dan terpolusi? Sampah-sampah kian berserakan di setiap tempat, hutan kian gundul karena kebakaran hutan dan pembukaan lahan untuk pertanian, air bersih kian sulit didapat, polusi asap pabrik dan kendaraan bermotor kian bergemul di udara.

Bumi adalah tempat kita berpijak, tempat kita membesarkan anak cucu kita jangan biarkan bumi kita kian tercemar karena ulah kita yang semberono dan menuruti nafsu demi kepentingan sesaat.

Menyelamatkan bumi seorang diri mungkin sangat mustahil namun sebuah perubahan yang besar berawal dari masing-masing individu untuk bisa berubah kearah yang lebih baik. Melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan untuk bumi meski hanya satu perbuatan itu juga telah menyelamatkan bumi ini, setidaknya kita tidak ikut mencemarkan bumi.

Apa saja sumbangsih yang bisa kita lakukan untuk bumi kita?

1. Jangan kontaminasi bumi ini dengan sampah dan limbah
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang puntung rokok disembarang tempat, memilah dan membuang sampah dari jenis organic dan non organic, mengalokasi tempat khusus pembuangan sampah

2. Reduce, reuse, recycle
Mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang.
Mari mencoba mengurangi pemakaian kertas yang bahan bakunya adalah kayu dari hutan, teknologi komputerisasi yang makin maju seharusnya bisa mengurangi pemakaian kertas.
Menggunakan kertas pada dua sisinya, menggunakan kertas hancur (sheredder) untuk alas pada keranjang telur atau memanfaatkannya untuk kerajinan tangan.
Mendaur ulang kertas. Bilamana kita dapat mendaur ulang kertas kita dengan setinggi 120cm, kita dapat menyelamatkan 1 pohon.

3. Mengurangi pemakaian bahan material yang sulit didaur ulang dan sekali pakai
Memakai ulang material yang dapat digunakan berulang kali akan mengurangi sampah kita, contohnya mengganti pemakaian kantong plastic dengan tas belanja berbahan kain atau lainnya yang tahan lama. Kita dapat juga menggunakan tas belanja berbahan kertas yang akan mudah untuk didaur ulang.

4. Jangan membakar sampah asal-asalan
Pembakaran sampah dengan cara asal-asalan akan menimbulkan dampak polusi baru yaitu melepaskan gas beracun karbon monoksida yang dapat membunuh orang secara massal (red : http://www2.kompas.com/) . Sebisa mungkin untuk menghancurkan sampah menghindari dengan cara membakar.

5. Hemat energi
Pastikan perlengkapan rumah tangga menggunakan produk hemat energi. Gunakan lampu penerangan dirumah dengan lampu fluorescents yang lebih hemat energi dibanding lampu pijar biasa.
Produk hemat energi saat ini memang masih mahal dibanding produk konvensional, namun begitu nilai ekonomisnya akan terasa pada saat pemakaian dalam jangka waktu lama yang tentu saja akan menghemat biaya bulanan kita.

6. Bijak dalam mengkonsumsi air
Kian hari air bersih kian sulit didapat dan kian hari permukaan tanah di Jakarta akan terus menurun bila eksploitasi air tanah dilakukan secara berlebih. Sudah saatnya kita melakukan penghematan air dirumah, jangan hiraukan air terus menetes dari kran air rumah kita karena kita tidak peduli.

7. Penghijauan lingkungan
Mari kita tanam pohon dihalaman rumah kita selain menyejukkan suasana halaman kita juga bisa memetik buah dari pohon tersebut.
Dukung pemerintah dalam melindungi hutan dari pembalakan liar dan tanam sejuta pohon.

8. Menggunakan transportasi umum dan perbaikan jalan
Makin bertambahnya kendaraan bermotor pribadi serta kurangnya fasilitas jalan yang baik menyebabkan kemacetan semakin parah. Bisakah Anda bayangkan berapa kilo liter terbuang percuma disaat kendaraan kita tidak dapat berjalan lancar hanya disebabkan oleh kemacetan? Polusi semakin parah kualitas hidup semakin tidak sehat.
Saatnya kita meninggalkan ego kita yang melulu membawa kendaraan pribadi kekantor dan mulai menggunakan transportatasi umum dan pemerintahpun seharusnya meningkatkan fasilitas-fasilitas umum yang efektif dan efisien seperti busway, monorail, kereta bawah tanah dan lain sebagainya.

9. Drive smart
Kendarai kendaraan kita dengan bijak. Bilamana kita mengendarai dengan roda yang tidak cukup udara maka kita akan lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar, dan rawatlah kendaraan kita dengan baik secara rutin mesin kendaraan yang terawat akan lebih sedikit mengeluarkan polusi dibanding mesin yang tidak terawat.

10. Beralih pada transportasi alternative dan ramah lingkungan
Bersepeda salah satu pilihan transportasi alternative yang ramah lingkungan. Bersepeda ketempat kerja selain menyehatkan badan, dapat mengurangi kemacetan dijalan, mengurangi polusi juga mengurangi pengeluaran rutin sehari-hari.
Agar semakin tersosialisasi seharusnya pemerintah membangun jalur khusus sepeda atau bike lane.

11. Beralih pada energy alternative yang ramah lingkungan
Bahan baker fosil sangat terbatas persediaannya, bahan bakar fosil juga salah satu penyumbang terbanyak polusi di bumi.
Sudah saatnya pemerintah lebih mengembangkan pada energy alternative seperti energi sinar matahari, turbin udara, energi panas bumi, bio diesel, hidroelektrisitas, fuel cell dan lain sebagainya.

Mungkin kita tidak dapat melakukan perbaikan semua itu, namun lakukanlah yang terbaik yang kita bisa, sekecil apapun itu pasti dapat memperlambat kerusakan dan menyelamatkan bumi kita.

Dari berbagai sumber.

Satu Tanggapan

  1. Dalam rangka menyongsong hari lingkungan hidup sedunia 2009 gue ikut pesen; Your Planet Needs You – UNite to Combat Climate Change. Pesen tambahan dari gue; Bercumbulah dengan alam jangan memperkosanya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: