BEBERAPA ALASAN ANDA MENINGGALKAN TEMPAT TINGGAL

Proyek Pembangunan Rumah di Bekasi

Saya punya kebiasaan sabtu minggu berkeliling Bekasi dengan sepeda gunung, menyusuri kampung demi kampung. Lambat namun pasti lahan hijau sawah di Bekasi kian terdesak dengan pembangunan perumahan bahkan dalam satu kelurahan terdapat dua atau lebih perumahan yang berbeda.

Yang sangat disayangkan adalah banyak dari rumah-rumah tersebut ternyata kosong tak berpenghuni, malah yang awalnya ditempati ini malah ditinggalkan penghuninya. Ada apa sebenarnya? Bukankah terlalu amat berharga setelah lahan hijau itu digantikan bangunan-bangunan yang berharga puluhan hingga ratusan juta setelah berdiri kosong tidak dimanfaatkan. Apa sebenarnya pertimbangan dari para pengembang membuat perumahan di daerah tersebut dan apa pula alasan Anda meninggalkan tempat tinggal Anda?

Pada tulisan kali ini saya “belum” ingin membahas pertimbangan para pengembang itu, Insya Allah dilain waktu bila ada kesempatan, tetapi kepada apa alasan kita sehingga harus meninggalkan dan mengosongkan rumah dan apasaja tips kita sebelum memiliki rumah (Insya Allah dibagi dalam beberapa judul).

Berikut adalah beberapa alasan kita meninggalkan dan mengosongkan rumah yang telah kita miliki.

1. Dinas luar kota dalam jangka waktu lama
Ketika kita dihadapkan pada pilihan yang sulit antara karir dan keluarga dimana kita mendapatkan tugas luar kota untuk jangka waktu beberapa tahun sehingga beberapa diantara kita terpaksa memboyong keluarga ketempat daerah kita bertugas. Tentu saja rumah yang sudah kita miliki mungkin dengan mencicil terpaksa harus kita tinggalkan, lalu apa sebaiknya yang mesti kita lakukan?

2. Ikut dalam program transmigrasi
Tentunya program transmigrasi bertujuan sebagai pemerataan penduduk dari segala bidang. Nah, kalau Anda sudah punya rumah kemudian berminat mengikuti program transmigrasi pastinya rumah yang sudah Anda miliki harus ditinggalkan. Lalu sebaiknya apa yang harus Anda lakukan?

3. Tak mampu melunasi cicilan rumah/KPR
Pastinya semua orang tak ingin mengalami hal ini, biaya yang sudah Anda keluarkan sebelumnya akan menjadi hangus bila dipertengahan jalan tiba-tiba Anda mengalami krisis keuangan dan tak sanggup melunasi cicilan rumah. Bila hal ini terjadi apa sebaiknya yang harus Anda lakukan?

4. Tidak cocok dengan lingkungan
Bisa dibagi menjadi 2; a) Lingkungan alam. Cuaca ditempat tinggal Anda terlalu panas dan banyak polusi, air tanah yang tidak bagus bisa jadi membuat Anda tidak betah, b) Lingkungan sosial. Anda tidak dapat beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat setempat atau tempat Anda tinggal berada pada lingkungan “hitam”.

Proyek Pembangunan Rumah di Bekasi5. Banjir
Jika setiap tahun pada saat musim hujan tiba Anda direpotkan dengan mengengkut barang-barang ketempat yang lebih tinggi atau Anda terpaksa membolos kerja karena akses jalan dirumah Anda tergenang air. Lama kelamaan akhirnya Anda jenuh dengan keadaan ini dan memutuskan untuk meninggalkan rumah dan pindah ketempat yang tidak berpotensi banjir.

6. Bencana alam
Bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi, meletusnya gunung merapi, sunami, semburan lumpur bumi yang terus menerus pada akhirnya meluluh lantakkan rumah Anda dan lingkungan sehingga memaksa Anda meninggalkan tempat tinggal Anda

7. Konflik
Jika pada suatu daerah atau negara terdapat konflik tentu saja masyarakatnya tidak akan aman tinggal di lingkungan tersebut. Akhirnya banyak diantara mereka memilih meninggalkan tempat tinggal mereka, mungkin untuk sekedar mengungsi atau untuk selamanya.

8. Lambatnya pembangunan di daerah Anda
Pembangunan daerah serta pemerataan ekonomi ternyata sangat berpengaruh terhadap arus urbanisasi. Bisa Anda bayangkan jika daerah tempat Anda tinggal ternyata tak bisa memberikan Anda kehidupan yang layak atau mungkin daerah Anda terbelakang dan belum ada akses jalan darat yang layak sehingga Anda memutuskan untuk meninggalkan tempat tinggal Anda dan menetap di perkotaan yang lebih menjanjikan untuk penghidupan Anda.

9. Tertipu oleh pengembang asal-asalan
Jika Anda tidak teliti pada awal membeli rumah terhadap kredibilitas dan porto folio dimana ternyata lahan yang Anda tempati dalam sengketa tanah. Beruntung jika Anda berhasil menang dalam pengadilan namun alangkah malangnya Anda jika Anda kalah dalam pengadilan dan akhirnya Anda terusir dari tempat tinggal Anda sendiri.

Agar hal-hal diatas tidak terjadi atau mungkin sudah terjadi dan harus segera diatasi apa seharusnya yang mesti Anda lakukan? Tunggu tulisan saya berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: