Rumus ALT bagian 8 : Ångstrom dan Alfabet Islandia

Ångstrom
Huruf Å memiliki berbagai cara pengucapan dalam abjad Swedia, Finlandia (meskipun tidak ada kata dalam bahasa Finlandia yang memiliki huruf å), Denmark, Norwegia, Frisia Utara, Walloon, Chamorro, dan Istro-Rumania. Abjad lain yang menggunakan huruf ini meliputi Sami Lule, Sami Skolt, dan Sami Selatan.

Å sering disebut sebagai sebuah A dengan lingkaran, mengartikan lingkaran ini sebagai tanda diakritik. Tetapi, dalam bahasa yang menggunakannya, lingkaran ini tidak dianggap sebagai diakritik tapi bagian dari huruf. Berkembang sebagai bentuk semi-ligatur A dengan a lebih kecil di atasnya untuk mengartikan a panjang, sama dengan tanda umlaut ¨ yang berasal dari e kecil yang ditulis di atas huruf.

Bagi bahasa yang tidak menggunakan dalam abjadnya, huruf ini dikenal sebagai simbol Ångström.

Ångstrom atau angström atau ångström dengan simbol Å adalah satuan panjang. Walaupun bukan merupakan satuan SI tetapi sering digunakan dengan satuan SI.

Digunakan untuk pengukuran ukuran atom dan panjang senyawa kimia menggunakan spektrum optik. Satuan Angstrom juga umum dipakai dalamsatuan Ångstrom pengukuran panjang gelombang cahaya.

Istilah angstrom sendiri diambil dari fisikawan dari Swedia bernama Anders Jonas Ångström (1814-1874) yang merupakan bapak spektroskopi untuk menghormati jasa-jasanya dibidang spektroskopi. Spektroskopi adalah teknik untuk mengidentifikasi senyawa kimia menggunakan panjang gelombang cahaya yang diserap atau yang dihasilkan tergantung dari karakteristik senyawa tersebut. Cahaya yang melewati atau yang berasal dari suatu senyawa dilewati melalui prisma yang memisahkan berbagai panjang gelombang untuk membentuk spektrum warna. Spektrum yang dihasilkan sering memiliki pita cahaya terang yang berhubungan dengan panjang gelombang yang dihasilkan, atau pita cahaya gelap jika senyawa tersebut menyerap cahaya. Pola pita cahaya mengidentifikasi suatu senyawa seperti sidik jari mengidentifikasi seseorang.

Dalam bahasa Swedia, angstrom dieja mendekati “ong-strerm.”

Dalam penggunaan komputer simbol Å dan å dapat dihasilkan dengan perumusan Alt+143 dan Alt+134

Alfabet Islandia
Beberapa huruf Islandia sebenarnya sudah pernah dibahas sebelumnya seperti Ææ, Öö, ú dan lain-lain. Namun ada huruf tertentu yang belum dibahas dan memiliki karakter yang unik dibandingkan huruf lainnya, dinamakan Eth dan Thorn yang dilambangkan dengan Ðð dan Þ.

Eth
Eth (Ð, huruf kecilnya ð) selain digunakan pada bahasa Islandia juga pernah digunakan pada bahasa Inggris kuno, Faro (yang disebut edd) dan Elfadalian. Eth mirip huruf D dengan goresan garis ditengahnya sedangkan huruf kecilnya seperti sebuah pulau dengan garis diatasnya.

Pada bahasa Islandia, ð mewakili suara frikatif (bunyi yang dihasilkan jika udara menggeser alat ucap) gigi dan lidah seperti th pada bahasa Inggris “them,thy” namun tidak pernah mucul sebagai huruf pertama pada sebuah kata.

Huruf ð juga digunakan dalam buku-buku pelajaran matematika dan rekayasa sebagai simbol fungsi perputaran berat. Pada penginputan komputer simbol Ð dan ð dapat dihasilkan dengan mengetik angka 0208 dan 0240 sambil menekan dan menahan tombol alt pada keyboard.

Thorn
Thorn Þ, sama halnya dengan huruf eth, thorn juga pernah digunakan pada bahasa Inggris kuno dan bahasa Scandinavia pada abad pertengahan yang kemudian diganti dengan huruf rangkap th.

Thorn memiliki dua fonem (makna kata) dalam bahasa Iggris yang disebut tanpa suara frikatif gigi dengan lidah contohnya “thin, thigh, thick” dan bersuara frikatif gigi dengan lidah contohnya “then, the”.

Dalam ilmu tipografi, huruf thorn merupakan salah satu karakter dalam himpunan huruf yang berasal dari huruf Latin dimana huruf kecilnya lebih besar daripada huruf besar pada pemakaian font normal (tipe Roman).

Penggunaan huruf thorn sebagai simbol pernah dipakai pada beberapa film Halloween di Amerika, thorn juga bisa digunakan sebegai emoticon dengan wajah menjulurkan lidah kedepan :-þ, :-Þ, :þ, atau menggambarkan seorang pria menggunakan topi (-:þ.

Dalam penginputan huruf thorn pada keyboard komputer berbasis windows dengan mengetik angka 0222 untuk huruf besar Þ dan angka 0254 untuk huruf kecil þ sambil menekan dan menahan tombol alt.

Artikel terkait (rumus alt) :

    5 Tanggapan

    1. Saya Agus Suhanto, nyampe di situs ini dari mbah bing. Salam kenal ya… 🙂

    2. salam kenal, ternyata tanda yang diatas huruf itu ada maksudnya ya ???

    3. çağanoz1903
      tolong ya…
      ne alphabet dari negara mana?
      artinya apa?

    4. There is the official news from my blog as the owner of that barrack obama http://prediction-prediction.blogspot.com been studied and rate my blog is full of good advice for success, enlightened living, for civilized politics, promoting global economic, social democracy , culture in harmony with the world’s climate, and defense and security from terrorism. The success of Indonesia police arrest terrorists of always subscribed to feedburner and backlinks http://prediction-prediction.blogspot.com or life prediction. Do not forget to donate a few dollars to donate a banner for the participation of world peace and disaster in the world and to encourage me to continue to contribute my thoughts to a peaceful world. thank kasih.untuk prediction of natural disasters across the country have proven.
      Please help spread this news to all cities in the United States and cities around the world.

    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: